HAFLATUL WADHA KELAS I S/D VI & PELEPASAN SISWA KELAS VI MIN BAROS KAB SERANG PROP. BANTEN

Serang, 24 Juni 2012

Kegiatan Pelepasan dan Haflatul Wada MIN Baros dilaksanakan Minggu, 24 Juni 2012 bertempat di halaman madrasah, acara dibuka sekitar Jam 08.00. WIB.  Hadir pada acara ini sejumlah tokoh masyarakat, Kabid Mapenda Kanwil Kemenag Prop. Banten Drs. H. Ubiq Baihaqi, M.Si, Unsur Kandepag Kab. Serang, Komite Madrasah, Wali Murid dan unsur Pemerintah Desa maupun Kecamatan. Pada kata sambutnya Kepala MIN Baros mengatakan “Madrasah diartikan sebagai “tempat belajar para pelajar”, atau “tempat untuk memberikan pelajaran”. Dari akar kata “darasa” juga bisa diturunkan kata “midras” yang mempunyai arti “buku yang dipelajari” atau “tempat belajar“;  Madrasah merupakan sekolah yang bernuansa Islam yang dahulu kala sudah berdiri ditengah tengah masyarakat dan didirikan oleh masyarakat itu sendiri berdasarkan kebutuhuan pengetahuan agama, para tokoh masyarakat beserta ulama mendirikan madrasah  tentunya dengan tujuan agar generasi selanjutnya dapat memahami ajaran agama Islam sacara keseluruhan. Sungguhpun secara teknis, yakni dalam proses belajar-mengajarnya secara formal, madrasah tidak berbeda dengan sekolah, namun di Indonesia madrasah tidak lantas dipahami sebagai sekolah, melainkan diberi konotasi yang lebih spesifik lagi, yakni “sekolah agama”, tempat di mana anak-anak didik memperoleh pembelajaran hal-ihwal atau seluk-beluk agama dan keagamaan (dalam hal ini agama Islam). Begitu pula nilai nilai sejarah pendiri MIN Baros berdasarkan teori-teori tadi tidak lepas dari para tokoh ulama masyarakat dan unsur memerhati hati pendidikan yang telah berupaya untuk mendirikan madrasah sehingga masyarakat disekitar dan seluruh wilayah ini dapat memanfaatkan madrasah sebagai sarana tempat belajar mengajar bagi siswa. Pada dua tahun terakhir ini MIN Baros sudah meningkatkan jumlah siswa dan dapat mengembangkan beberapa kegiatan extrakurukuler diantaranya Pencak silat,(TTKKD, Tapak Suci),dan Marawsi,  bahkan Marawais MIN Baros  ini sudah sering pentas di Kantor Gubernur Propinsi Banten, insya Allah ditahun 2013 ini kami akan mengembangkan kegiatan extra lainya yaitu seni budaya Rampak Bedug dan Seni Baca A-Qur’an (Qori) Untuk itu saya harapkan kepada seluruh masyarkat, wali murid MIN Baros untuk selalu mendorong dan mendukung kegiatan di MIN Baros.

Begitu pula kata sambutan Kabid Mapenda Kanwil Kemenag Banten Drs. Ubiq Baihaqi, M.Si, mengatakan “MIN Baros ini cukup stretegi, dekat dengan jalan raya, dari tahun ke tahun peningkatan siswa meningkat berkat kepemimpinan Bapak Syafe’i, serta guru-gurunya berkompeten dibidangnya serta  wali muridnyapun kompak hal ini dapat kita lihat dari proses adanya pidato anak-anak  juga adanya  saweran. Pidato ini tentunya tujuan melatih anak menyampaikan materi pelajaran yang telah disampaikan dikelasnya, Saweran dapat kita artikan bahwa saweran ini juga untuk  melatih anak dalam mengeluarkan uangnya sehingga diharpkan menjadi orang yang dermawa kelkak nanti setelah dewasa.  Dukungan orang tua lebih dominan  merupakan arah masa depan anak-anak menjadi pintar dan menjadi orang baik. Saya harapkan setelah lulus di MIN Baros wajib melanjutkan sekolah ke jenjang lebih tinggi baik ke SMP lebih-lebih ke MTS. Seorang anak akan terlihat dan terbanggakan apabila seorang anak anak tumbuh dewasa dan mempunyai pendidikan.” Pada kata akhir sambutnya beliau mengucapkan banyak terimaksih kepada Komite dan Wali Murid yang telah membantu dan mendukung kemajuan Madrasah ini.

Pada kesempatan lain Ketua Pelaksana Asep Nazarudin, S.Pd.I, mengucapkan terimakasih kepada seluruh Dewan Guru, Komite Madrasah yang telah mendukung kegiatan ini, Insya Allah kedepan ditahun 2013 acara ini dapat kita tingkatkan lebih baik lagi. Untuk Pidato anak-anak kita mulai jam 13.00. s/d selesai. Adapun untuk siswa  kelas VI yang diwisuda berjumlah37 orang dengan rincian  laki-laki 18 orang sedangkan Perempuan 19 orang ”Ujarnya”.<

Untuk mengakhiri acara ini (Pelepasan dan Pewisudaan) acara ditutup sekitar jam 12.30. dan acara dilanjutkan dengan acara pidato anak-anak dimulai dari kelas 1 s/d kelas VI  (tebe tea).

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s